Home » » Ramalan Sabdo Palon Mengenai Tanah Jawa

Ramalan Sabdo Palon Mengenai Tanah Jawa

Written By Unknown on Selasa, 28 Januari 2014 | 00.38

Siapakah Sabda Palon Itu ?
Sabdapalon adalah pandita dan penasehat Brawijaya V, penguasa terakhir yang beragama Hindu dari kerajaan Majapahit di Jawa (memerintah tahun 1453 – 1478 )
Tidak diketahui apakah tokoh ini benar-benar ada, namun namanya disebut-sebut dalam Serat Darmagandhul, suatu tembang macapat kesusastraan Jawa Baru berbahasa Jawa ngoko. Dalam Serat tersebut, disebutkan bahwa Sabdapalon tidak bisa menerima sewaktu Brawijaya digulingkan pada tahun 1478 oleh tentara Demak dengan bantuan dari Walisongo (walaupun pada umumnya dalam sumber-sumber sejarah dinyatakan bahwa Brawijaya digulingkan oleh Girindrawardhana).
Ia lalu bersumpah akan kembali setelah 500 tahun, saat korupsi merajalela dan bencana melanda, untuk menyapu Islam dari Jawa dan mengembalikan kejayaan agama dan kebudayaan Hindu (dalam Darmagandhul, agama orang Jawa disebut agama Buda). Serat Damarwulan dan Serat Blambangan juga mengisahkan tokoh ini.

Pada tahun 1978, Gunung Semeru meletus dan membuat sebagian orang percaya atas ramalan Sabdapalon tersebut. Tokoh Sabdapalon dihormati di kalangan revivalis Hindu di Jawa serta di kalangan aliran tertentu penghayat kejawen. Patung untuk menghormatinya dapat dijumpai di Candi Ceto, Jawa Tengah. Sabdapalon seringkali dikaitkan dengan satu tokoh lain, Nayagenggong, sesama penasehat Brawijaya V. Sebenarnya tidak jelas apakah kedua tokoh ini orang yang sama atau berbeda. Ada yang berpendapat bahwa keduanya merupakan penggambaran dua pribadi yang berbeda pada satu tokoh. Secara hakekat nama “Sabdo Palon Noyo Genggong” adalah simbol dua satuan yang menyatu, yaitu : Hindu – Budha (Syiwa Budha).

Dalam bait-bait terakhir ramalan Joyoboyo (1135–1157) Sabda Palon juga disebut-sebut, yaitu bait 164 dan 173 yang menggambarkan tentang sosok Putra Betara Indra (berhubungan dengan ramalan joyoboyo). Berikut isinya :

…; mumpuni sakabehing laku; nugel tanah Jawa kaping pindho; ngerahake jin setan; kumara prewangan, para lelembut ke bawah perintah saeko proyo kinen ambantu manungso Jawa padha asesanti trisula weda; landhepe triniji suci; bener, jejeg, jujur; kadherekake Sabdopalon lan Noyogenggong.
    Artinya : …..; menguasai seluruh ajaran (ngelmu); memotong tanah Jawa kedua kali; mengerahkan jin dan setan; seluruh makhluk halus berada di bawah perintahnya bersatu padu membantu manusia Jawa berpedoman pada trisula weda; tajamnya tri tunggal nan suci; benar, lurus, jujur; didampingi Sabdopalon dan Noyogenggong.
nglurug tanpa bala; yen menang tan ngasorake liyan; para kawula padha suka-suka; marga adiling pangeran wus teka; ratune nyembah kawula; angagem trisula wedha; para pandhita hiya padha muja; hiya iku momongane kaki Sabdopalon; sing wis adu wirang nanging kondhang; genaha kacetha kanthi njingglang; nora ana wong ngresula kurang; hiya iku tandane kalabendu wis minger; centi wektu jejering kalamukti; andayani indering jagad raya; padha asung bhekti.

    Artinya : menyerang tanpa pasukan; bila menang tak menghina yang lain; rakyat bersuka ria; karena keadilan Yang Kuasa telah tiba; raja menyembah rakyat; bersenjatakan trisula wedha; para pendeta juga pada memuja; itulah asuhannya Sabdopalon; yang sudah menanggung malu tetapi termasyhur; segalanya tampak terang benderang; tak ada yang mengeluh kekurangan; itulah tanda zaman kalabendu telah usai; berganti zaman penuh kemuliaan; memperkokoh tatanan jagad raya; semuanya menaruh rasa hormat yang tinggi.
Mitologi Sabda Palon Titisan Shang Hyang Bhatara Ismaya
Selanjutnya, Sabda Palon lebih di kenal dengan sebutan Mbah Semar (Punokawan).
Mitologi Sabda Palon Titisan Shang Hyang Bhatara Ismaya
Mitologi ini sebenarnya memiliki makna bahwa para penguasa yang diasuh (dimong) Sabda Palon itu merupakan penguasa yang memiliki “kedaulatan spiritual”, yaitu penguasa yang Agung Binathara. Penguasa yang dipatuhi oleh seluruh rakyatnya dan disegani oleh penguasa-penguasa negara lain.

Cerita yang banyak diyakini oleh para ahli kebatinan, tugas Sabda Palon terakhir adalah ngemong Prabu Brawijaya di Majapahit. Sabda Palon memilih berpisah dengan momongannya, karena Prabu Brawijaya pindah agama, dari Agama Siwa-Buddha (campuran Jawa-Hindu-Buddha) menjadi Islam yang datang dari Arab.

Dengan begitu, Prabu Brawijaya dianggap telah kehilangan kedaulatan spiritual-nya. Sabda Palon memilih mengundurkan diri dari kedudukannya sebagai pamong raja kemudian bertapa tidur di pusat kawah Gunung Merapi selama 500 tahun.
Selama Sabda Palon bertapa itu, tanah Jawa tidak akan memiliki kedaulatan lagi, serta tidak dihormati oleh bangsa-bangsa lain. Terbukti, bahwa sejak jaman Demak hingga Mataram Islam, para Sultan-nya perlu memohon legitimasi kekuasaannya kepada ulama Mekah, sedang para Sultan dari wilayah Sumatera dan Banten serta banyak lagi dari Indonesia Timur, memohon legitimasinya dari Daulah Ottoman Turki.
Kesultanan Aceh, sebelum perang melawan Belanda, sebenarnya adalah salah satu wilayah Kesultanan Turki itu. Setelah itu Jawa dan Nusantara dijajah Belanda, Inggris dan Jepang.
Meskipun dapat dikaji seperti itu, tetapi sebaiknya cerita mitologi Jawa tentang Sabda Palon itu jangan diartikan sebagai penolakan Jawa terhadap Islam. Karena tidak ada ceritanya peradaban dan kebudayaan Jawa itu menolak masuknya paham agama macam apa pun. Malah Jawa biasanya dapat mendukung sehingga agama-agama yang masuk itu mencapai keemasannya di tanah Jawa.
Tutunan Jawa tentang penyembahan pribadi kepada Yang Maha Kuasa dibebaskan, terserah kepada pilihan masing-masing. Mau menyembah dengan cara agama apa saja tidak akan pernah disalahkan. Pokoknya, paham dasar yang harus dilaksanakan setiap manusia adalah ketika hidup bermasyarakat bergaul dengan sesama makhluk Tuhan Yang Maha Agung, jenis apa pun.
Kewajibannya, setiap orang diharuskan ikut memperindah keindahan jagad dengan cara memelihara dan melestarikan keselarasan (keharmonisan) antar sesama makhluk, dan mejauhkan diri dari perselisihan.
Cerita Sabda Palon itu apa bila benar-benar di dalami sungguh-sungguh, malah jelas menggambarkan kesalahan Prabu Brawijaya dalam mengelola kedaulatan yang digenggamnya. Sebab Prabu Brawijaya yang kaya-raya dan berkedudukan sebagai maharaja (diugung raja brana lan kuwasa) lupa melaksanakan amanah kedaulatannya dengan benar.
Ceritanya, Prabu Brawijaya terakhir memiliki selir yang banyak sekali, maka anaknya juga sangat banyak. Semua anak-anak itu lalu diberi “kedudukan” mengurus pemerintahan negara Majapahit. Oleh sebab itu, raja Majapahit lalu hilang kewibawaannya. Negara besar itu menjadi ringkih. Akhirnya ketika para Bupati Pesisir membantu Demak berperang dengan Majapahit, rakyat Majapahit tidak mau membela atau tidak ikut mempertahankannya.
Sabda Palon, sebenarnya merupakan simbul atau personifikasi kesetiaan rakyat kepada rajanya, kepada pemimpin negaranya atau kepada pemerintahnya. Sabda Palon memilih pisah dari Prabu Brawijaya, berarti rakyat sudah kehilangan kesetiaannya kepada raja Majapahit itu. Istilahnya terjadi pembangkangan publik terhadap kepemimpinan Brawijaya, tidak mau membela kerajaan ketika berperang melawan Demak dan Bupati-bupati Pesisir.
Cerita itu disamarkan dengan pernyataan, bahwa Sabda Palon akan bertapa tidur selama 500 tahun. Cerita itu juga memuat pengertian, bahwa 500 tahun setelah runtuhnya Majapahit, rakyat Jawa (Nusantara) akan tumbuh kembali kesadarannya sebagai bangsa terjajah dan akan memiliki kesetiaan kembali kepada pemimpin bangsanya. Munculnya rasa kebangsaan dan kesetiaan terhadap tanah air itu digambarkan tidak dapat dibendung seperti meletusnya Gunung Merapi
Ramalan Sabda Palon Yang Sudah Di Terjemahkan Dari Bahasa Jawa Kuno Ke Bahasa Indonesia.
Mitologi Sabda Palon Titisan Shang Hyang Bhatara Ismaya
1. Ingatlah kepada kisah lama yang ditulis di dalam buku babad tentang negara Mojopahit. Waktu itu Sang Prabu Brawijaya mengadakan pertemuan dengan Sunan Kalijaga didampingi oleh Punakawannya yang bernama Sabda Palon Naya Genggong.

2. Prabu Brawijaya berkata lemah lembut kepada punakawannya: “Sabda-Palon sekarang saya sudah menjadi Islam. Bagaimanakah kamu? Lebih baik ikut Islam sekali, sebuah agama suci dan baik.”

3. Sabda Palon menjawab kasar: “Hamba tak mau masuk Islam Sang Prabu, sebab saya ini raja serta pembesar Dah Hyang se tanah Jawa. Saya ini yang membantu anak cucu serta para raja di tanah jawa. Sudah digaris kita harus berpisah.

4. Berpisah dengan Sang Prabu kembali ke asal mula saya. Namun Sang Prabu kami mohon dicatat. Kelak setelah 500 tahun saya akan mengganti agama Buda lagi, saya sebar seluruh tanah Jawa.
Kira-kira dari bait dibawah inilah, kejadian meletusnya gunung merapi yang sebelumnya di sebutkan sebagai tempat bertapanya Sabda Palon di sangkut pautkan…

5. Bila ada yang tidak mau memakai, akan saya hancurkan. Menjadi makanan jin setan dan lain-lainnya. Belum legalah hati saya bila belu saya hancur leburkan. Saya akan membuat tanda akan datangnya kata-kata saya ini. Bila kelak Gunung Merapi meletus dan memuntahkan laharnya.

6. Lahar tersebut mengalir ke barat daya. Baunya tidak sedap. Itulah pertanda kalau saya datang. Sudah mulai menyebarkan agama Buda. Kelak Merapi akan bergelegar. Itu sudah menjadi takdir Hyang Widi bahwa segalanya harus bergantian. Tidak dapat bila diubah lagi.

7. Kelak waktunya paling sengsara di tanah Jawa ini pada tahun: Lawon Sapta Ngesthi Aji. Umpama seorang menyeberang sungai sudah datang di tengah-tengah. Tiba-tiba sungainya banjir besar, dalamnya menghanyutkan manusia sehingga banyak yang meninggal dunia.

8. Bahaya yang mendatangi tersebar seluruh tanah Jawa. Itu sudah kehendak Tuhan tidak mungkin disingkiri lagi. Sebab dunia ini ada ditanganNya. Hal tersebut sebagai bukti bahwa sebenarnya dunia ini ada yang membuatnya.

9. Bermacam-macam bahaya yang membuat tanah Jawa rusak. Orang yang bekerja hasilnya tidak mencukupi. Para priyayi banyak yang susah hatinya. Saudagar selalu menderita rugi. Orang bekerja hasilnya tidak seberapa. Orang tanipun demikian juga. Penghasilannya banyak yang hilang di hutan.

10. Bumi sudah berkurang hasilnya. Banyak hama yang menyerang. Kayupun banyak yang hilang dicuri. Timbullah kerusakan hebat sebab orang berebutan. Benar-benar rusak moral manusia. Bila hujan gerimis banyak maling tapi siang hari banyak begal.

11. Manusia bingung dengan sendirinya sebab rebutan mencari makan. Mereka tidak mengingat aturan negara sebab tidak tahan menahan keroncongannya perut. Hal tersebut berjalan disusul datangnya musibah pagebluk yang luar biasa. Penyakit tersebar merata di tanah Jawa. Bagaikan pagi sakit sorenya telah meninggal dunia.

12. Bahaya penyakit luar biasa. Di sana-sini banyak orang mati. Hujan tidak tepat waktunya. Angin besar menerjang sehingga pohon-pohon roboh semuanya. Sungai meluap banjir sehingga bila dilihat persis lautan pasang.

13. Seperti lautan meluap airnya naik ke daratan. Merusakkan kanan kiri. Kayu-kayu banyak yang hanyut. Yang hidup di pinggir sungai terbawa sampai ke laut. Batu-batu besarpun terhanyut dengan gemuruh suaranya.

14. Gunung-gunung besar bergelegar menakutkan. Lahar meluap ke kanan serta ke kiri sehingga menghancurkan desa dan hutan. Manusia banyak yang meninggal sedangkan kerbau dan sapi habis sama sekali. Hancur lebur tidak ada yang tertinggal sedikitpun.

15. Gempa bumi tujuh kali sehari, sehingga membuat susahnya manusia. Tanahpun menganga. Muncullah brekasakan yang menyeret manusia ke dalam tanah. Manusia-manusia mengaduh di sana-sini, banyak yang sakit. Penyakitpun rupa-rupa. Banyak yang tidak dapat sembuh. Kebanyakan mereka meninggal dunia.

16. Demikianlah kata-kata Sabda Palon yang segea menghilang sebentar tidak tampak lagi diriya. Kembali ke alamnya. Prabu Brawijaya tertegun sejenak. Sama sekali tidak dapat berbicara. Hatinya kecewa sekali dan merasa salah. Namun bagaimana lagi, segala itu sudah menjadi kodrat yang tidak mungkin diubahnya lagi.

Ramalan ini bukan hal yang baru lagi namun masih menyisakan tanya dan rasa penasaran.
Mari kita renungkan sesaat tentang kejadian meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2006, dimana untuk pertama kalinya ditetapkan tingkat statusnya menjadi yang tertinggi : “Awas Merapi”.
Saat kejadian itu lahar merapi keluar bergerak ke arah “Barat Daya”. Pada hari itu tanggal 13 Mei 2006 adalah malam bulan purnama bertepatan dengan Hari Raya Waisyak (Budha) dan Hari Raya Kuningan (Hindu). Secara hakekat nama “Sabdo Palon Noyo Genggong” adalah simbol dua satuan yang menyatu, yaitu : Hindu – Budha (Syiwa Budha).

Di dalam Islam dua satuan ini dilambangkan dengan dua kalimat Syahadat. Apabila angka tanggal, bulan dan tahun dijumlahkan, maka : 1 + 3 + 5 + 2 + 6 = 17 ( 1 + 7 = 8 ).
Angka 17 kita kenal merupakan angka keramat. 17 merupakan jumlah raka’at sholat lima waktu di dalam syari’at Islam. 17 juga merupakan lambang hakekat dari “bumi sap pitu” dan “langit sap pitu” yang berasal dari Yang Satu, Allah SWT.

Sedangkan angka 8 merupakan lambang delapan penjuru mata angin. Di Bali hal ini dilambangkan dengan apa yang kita kenal dengan “Sad Kahyangan Jagad”. Artinya dalam kejadian ini delapan kekuatan dewa-dewa menyatu, menyambut dan menghantarkan Sang Hyang Ismoyo (Sabdo Palon) untuk turun ke bumi. Di dalam kawruh Jawa, Sang Hyang Ismoyo adalah sosok dewa yang dihormati oleh seluruh dewa-dewa. Dan gunung Merapi di sini melambangkan hakekat tempat atau sarana turunnya dewa ke bumi (menitis).

Semoga dari apa yang telah saya bagikan, saya dapatkan dari berbagai sumber mengenai ramalan Sabda Palon ini, mudah-mudahan membawa banyak manfaat bagi kita semua, terutama hikmah yang tersirat dari wasiat-wasiat nenek moyang kita, para leluhur Nusantara. Menjadi harapan kita bersama di tengah keadaan negeri yang morat marit ini akan datang cahaya terang di depan kita. Amin.
Share this article :

90 komentar:

  1. jangan terbuai cerita jaman keemasan dan kesaktian raja raja jaman dahulu karena itu hanya sebuah mimpi yang dihembuskan pihak asing supaya kita belajar klenik dan ilmu ilmu yang tidak ada manfaatnya di dunia nyata,tujuan mereka cuma satu menjajah pikiran bangsa kita agar senantiasa percaya dengan tahayul,dengan begitu semakin orang percaya tahayul dan klenik akan semakin mantap pihak asing dalam menjajah bangsa kita baik secara materi dan mental. kenapa karena orang semakin percaya dengan pikiran tahayul dan klenik mudah sekali tertipu dan semakin jauh dari rasional
    ,mari jadikan bangsa kita lebih pintar dengan ilmu logika dan sebagainya agar kekayaan alam kita tidak dirampok oleh bangsa lain,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau anda bukan orang jawa ya nda mungkin percaya sama cerita leluhur orang jawa

      Hapus
    2. itu bukan tahyul..bkn kah dalam rukun da percaya pd benda ghaib?.benda2 tu Allah yg buat..apakah kita tak pcaya benda2 yg Allah buat?

      Hapus
    3. tahyul mbokmu...
      itu sejarah ada prasastinya...dasarrrr

      Hapus
    4. rc helikopter sengaja bikin pernyataan kontroversial biar orang klik id nya dan liat jualannya.
      dia itu yg jadi penjajah pikiran kita, jika kita melayani apa yg diucapkannya.
      logika di dalam khasanah jawa sangat mudah. karena memang jawa itu penuh dengan logika. kalau memang berniat mempelajari kebudayaan dan pengetahuan,buka dulu mind set nya. tidak boleh membawa kotak yang menjadi batas pemikiran.
      mari kita belajar bersama.

      Hapus
    5. Bangsa yg besar adalah bangsa yg tidak melypajan sejarah perjuangan leluhurnya. Tidak ada negara itu miskin, sengsara dan bodoh krn msdh mengingat perjuangannya leluhurnya. Misal : Cina, Jepang, Inggris, Belanda, Bahkan dng Malaysia sj kita kalah dlm menghormati para pejuang lelyhurnya, niscaya kita kalah jauh maju dan modern nya bangsa nya. Ini perly dicamkan .

      Hapus
    6. Kalian begok semuanya....udah tau Indonesia hancur karena islam...nabi mohmanad yang kayak anjing

      Hapus
    7. Kalian begok semuanya....udah tau Indonesia hancur karena islam...nabi mohmanad yang kayak anjing

      Hapus
    8. Anda yg kurang berilmu teliti. Adakah Semar mengatakan benci Islam? Semar marah kpd Brawijaya karena hanya ikut2an (ke arab2an)

      Hapus
    9. Justru mulut anda yang penuh bakteri dan virus, seperti hewan yang anda sebutkan. Sehingga kata2 yang keluar dari mulut anda demikian.

      Hapus
    10. Agama di tanah jawa sudah ada,sblm ada impor agama...

      Hapus
  2. Semua ajaran agama yang turun kedunia ini adalah ajaran ketuhanan
    Jadi smua membawa kebaikan
    Klw jelek itu umatnya saja yang serakah.congkak.dsb
    Jadi yang membuat bencana itu umatnya bukan ajarannya

    BalasHapus
  3. Semua ajaran agama yang turun kedunia ini adalah ajaran ketuhanan
    Jadi smua membawa kebaikan
    Klw jelek itu umatnya saja yang serakah.congkak.dsb
    Jadi yang membuat bencana itu umatnya bukan ajarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu itu dari tuhan bisa aja ngaku ngaku dari tuhan, ajaran yang benar yang membuat pemeluknya menjadi baik harmonis dalam kehidupan berbangsas dan bernegara. Kalau ajarannya penuh kebencian mengkafir kafirkan sesama bahkan yang tuhanyanya sama dikafir kafirkan jelas itu ajaran setan. lihat buah perbuatannya.

      Hapus
  4. jadikan saja kejawen tersebut sebagai ilmu...

    BalasHapus
  5. sip.bener banget.iku bakalan kebukten.soalnya.pengerten bakalan kebukten.

    BalasHapus
  6. Agama merupakan sisi penyekat solidaritas manusia.. Padahal keyakinan beragama untuk kemakmuran manusia..

    Jadikan agama untuk kebaikan jng mengkafirkan.. Karena itu hak sang maha esa..
    Alam semesta sejagad raya dperuntukan pd manusia tanpa pilah-pilih

    BalasHapus
  7. Org jawa,hrs tau sejarah jawa...

    BalasHapus
  8. Jangan sekali sekali melupakan sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he sabdo palon & noyo ganggong pesareannya telah di temukan. Dantercatat di dinas purbakala.Juga telah menjadi cagar budaya yg di lindungi undang2. Batu nisannya bergambar matahari dg nama jelas sabdo palon yg lain nama Noyo genggong. Batu nisannya dua menunjukkan makam orang islam. Ada disebelah utara makam kencono wungu.

      Hapus
  9. Sudah jelas dan nyata yg bisa mengerti itu hanya mereka yg memilik kesadaran bukan agama
    Contoh sudah jelas dan nyata bisa logika diatas logika silahkan hitung tgl bulan dan th kemerdekaan indonesia 17+8+1945 hitunganya 1+7+8+1+9+4+5 dijumlah = 8 apa itu penjelasan 8 ya sama kan klo di jumlah dg 17 / 1+7 dan 8 ...( hanya mereka yg mengerti dan sadar bahwa inilah semua bentuk nyata tuhan memberitau kan pada manusia

    BalasHapus
  10. Hidup ITU adalah sebuah ritme pergantian yg teratur..ada siang ada malam..ada terang ada gelap..ada kejayaan ada kebangkrutan..semua silih berganti pada waktunya ... Ketika semua tidak jelas Dan sering menimbulkan percekcokan ..perpecahan..itulah zaman kegelapan atau zhulumat ....tidak jelas mana yg benar atau salah... Tapi nnanti ketika sang matahari ITU datang lagi...semua akan jelas.. terang Dan tidal adalagi percekcokan

    BalasHapus
  11. Hidup ITU adalah sebuah ritme pergantian yg teratur..ada siang ada malam..ada terang ada gelap..ada kejayaan ada kebangkrutan..semua silih berganti pada waktunya ... Ketika semua tidak jelas Dan sering menimbulkan percekcokan ..perpecahan..itulah zaman kegelapan atau zhulumat ....tidak jelas mana yg benar atau salah... Tapi nnanti ketika sang matahari ITU datang lagi...semua akan jelas.. terang Dan tidal adalagi percekcokan

    BalasHapus
  12. Agama itu adalah sebuah peraturan...hidup jika kita mengikuti aturan juga akan nikmat...namun sayangnya banyak manusia yg tidak menyadari dengan merasa agama ini agama itu yg terbaik...manusia dikatakan sempurna krn manusia itu serakah...manusia memikiki sifat binatang,jin,setan,malaikat bahkan sifat Tuhan....manusia jahat karena memiki sifat setan, manusia seenaknya sendiri krn memikiki sifat binatang,manusia suka menilai org lain krn memikiki sifat malaikat , manusia bisa memnghukum,mendakwa orang lain seolah olah mereka itu Tuhan ya contohnya skrg ini suka mengkafirkan,mengharamkan,dll.... Semua agama adalah mengajarkan bagaimana kita kembali kepada Tuhan ...kembali untuk mempertanggung jawabkan apa yg kita lakukan di dunia.... sekali lagi agama adalah sebagai jalan kita kembali kepada Tuhan dengan aturan2 yg diyakini mau apapun agamanya....

    BalasHapus
  13. Percaya ato tidak percaya perubahan sudah jelas ada dan terbukti. Dimana mana masyarakat non Hindu sudah melakukan yoga. Sudah memakai gelang benang tridatu sebagai menjaga keselamatan
    Dan perubahan kesadaran masyarakat akan hukum karma sudah semakin meningkat inilah sedikit tanda tanda ucapan Sabda Palon mulai terbukti

    BalasHapus
  14. Besok Tanggal 25-12-2015 Natal bertemu dengan Bulan Purnama. 18 = Dewata Nawa Sanga akan tedun ke bumi nusantara.Akan ada peristiwa beSar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. peristiwa apakah gerangan pak ketut...???

      Hapus
    2. Turunnya hujan jero,, sangat Besar,, libur Panjang, macet sing kodag2,, ulian masyarakat dmen brangkat jamne mepet2 saling srobot tanpa memikirkan etika lalu lintas. banjir dbbrapa penjuru dewata ulian masyarakat sing sadar kebersihan,, lulu plastik koq kutang ke tukad?,, bentrok ormas jero,, ulian bayu Gede otak sing misi malah mengusik ktentraman sosial ekonomi masyarakat dewata. Perlu tyang lanjutkan malih?. Mari kita tentramkan Hati Dan pikiran,, lakukanlah yg terbaik yg bisa kita lakukan mudah2an itu yg terbaik untuk diri kita, sanak kluarga, pulau dewata Dan alahkah indahnya jika bermanfaat bagi bumi pertiwi Indonesia ini. Balas sgala cibiran yg Datang Dari luar dengan senyuman Dan jawablah dalam Hati bahwa kita diajarkan Dan percaya bahwa tuhan itu adalah Satu namun Para bijaksana dunia menyebutnya dengan banyak nama Dan smw Hal yg diwariskan ataupun diajarkan Dan diwahyukan oleh NYA bertujuan yang Sama demi kbaikan manusia dan Alam semesta. Semoga damai di Hati, damai di dunia, Dan damai di semesta.

      Hapus
    3. Turunnya hujan jero,, sangat Besar,, libur Panjang, macet sing kodag2,, ulian masyarakat dmen brangkat jamne mepet2 saling srobot tanpa memikirkan etika lalu lintas. banjir dbbrapa penjuru dewata ulian masyarakat sing sadar kebersihan,, lulu plastik koq kutang ke tukad?,, bentrok ormas jero,, ulian bayu Gede otak sing misi malah mengusik ktentraman sosial ekonomi masyarakat dewata. Perlu tyang lanjutkan malih?. Mari kita tentramkan Hati Dan pikiran,, lakukanlah yg terbaik yg bisa kita lakukan mudah2an itu yg terbaik untuk diri kita, sanak kluarga, pulau dewata Dan alahkah indahnya jika bermanfaat bagi bumi pertiwi Indonesia ini. Balas sgala cibiran yg Datang Dari luar dengan senyuman Dan jawablah dalam Hati bahwa kita diajarkan Dan percaya bahwa tuhan itu adalah Satu namun Para bijaksana dunia menyebutnya dengan banyak nama Dan smw Hal yg diwariskan ataupun diajarkan Dan diwahyukan oleh NYA bertujuan yang Sama demi kbaikan manusia dan Alam semesta. Semoga damai di Hati, damai di dunia, Dan damai di semesta.

      Hapus
  15. Agama adalah penuntun Umat untuk bisa Kita mengikuti ajarannya mencapai ke Jalan Tuhan.
    Tolong dipegang TRI KAYA PARISUDHA artinya
    Tiga Perbuatan Baik:
    1.Manacika : Berpikir yang baik
    2.Wacika : Berkata yang baik
    3.Kayika : Berbuat yang baik
    Hasil dari perbuatan tsb disebut KARMA
    Karma adalah baik buruknya perbuatan.

    Kalau ada yang menjelekkan Agama Lain berarti Orang tsb dangkal Ilmu Agamanya.

    Mari Kita belajar memanusiakan manusia berarti Kita yang mengerti tentang Agama Kita harus memberitahu/membimbing yang belum tahu Agama untuk pencerahan/siraman rohani menuju ke Jalan TUHAN dengan mengaplikasikan Ajaran Agama yang baik yang sudah ada di Kitab SUCI.
    mari Kita amalkan Ajaran Agama yg benar n baik.

    Zaman Perabadan adalah Jaman yang termasyur dijamannya dan Jaman sekarang adalah jaman peradaban yang dialisis menjadi Jaman Modern.
    Jaman Peradaban juga masih berlaku secara tradisional dan Jaman Modern sudah berlaku Umum.
    Jangan Kita lupakan Jaman ke Jaman itu History!

    BalasHapus
  16. Agama adalah penuntun Umat untuk bisa Kita mengikuti ajarannya mencapai ke Jalan Tuhan.
    Tolong dipegang TRI KAYA PARISUDHA artinya
    Tiga Perbuatan Baik:
    1.Manacika : Berpikir yang baik
    2.Wacika : Berkata yang baik
    3.Kayika : Berbuat yang baik
    Hasil dari perbuatan tsb disebut KARMA
    Karma adalah baik buruknya perbuatan.

    Kalau ada yang menjelekkan Agama Lain berarti Orang tsb dangkal Ilmu Agamanya.

    Mari Kita belajar memanusiakan manusia berarti Kita yang mengerti tentang Agama Kita harus memberitahu/membimbing yang belum tahu Agama untuk pencerahan/siraman rohani menuju ke Jalan TUHAN dengan mengaplikasikan Ajaran Agama yang baik yang sudah ada di Kitab SUCI.
    mari Kita amalkan Ajaran Agama yg benar n baik.

    Zaman Perabadan adalah Jaman yang termasyur dijamannya dan Jaman sekarang adalah jaman peradaban yang dialisis menjadi Jaman Modern.
    Jaman Peradaban juga masih berlaku secara tradisional dan Jaman Modern sudah berlaku Umum.
    Jangan Kita lupakan Jaman ke Jaman itu History!

    BalasHapus
  17. Agama adalah penuntun Umat untuk bisa Kita mengikuti ajarannya mencapai ke Jalan Tuhan.
    Tolong dipegang TRI KAYA PARISUDHA artinya
    Tiga Perbuatan Baik:
    1.Manacika : Berpikir yang baik
    2.Wacika : Berkata yang baik
    3.Kayika : Berbuat yang baik
    Hasil dari perbuatan tsb disebut KARMA
    Karma adalah baik buruknya perbuatan.

    Kalau ada yang menjelekkan Agama Lain berarti Orang tsb dangkal Ilmu Agamanya.

    Mari Kita belajar memanusiakan manusia berarti Kita yang mengerti tentang Agama Kita harus memberitahu/membimbing yang belum tahu Agama untuk pencerahan/siraman rohani menuju ke Jalan TUHAN dengan mengaplikasikan Ajaran Agama yang baik yang sudah ada di Kitab SUCI.
    mari Kita amalkan Ajaran Agama yg benar n baik.

    Zaman Perabadan adalah Jaman yang termasyur dijamannya dan Jaman sekarang adalah jaman peradaban yang dialisis menjadi Jaman Modern.
    Jaman Peradaban juga masih berlaku secara tradisional dan Jaman Modern sudah berlaku Umum.
    Jangan Kita lupakan Jaman ke Jaman itu History!

    BalasHapus
  18. tidak ada BENAR dan tidak ada SALAH

    BalasHapus
  19. Naluriku mengatakan ini benar bukan klenik, terserah sampeyan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agama apapun gk masalah yg penting jg lupa budaya timur tetep menjunjung tinggi adat kita sopan dn santun,dn mnurt saya sabdo palon itu senjata brawijaya,jd klo pingin tau cb bos,bos,masuk ke dunia kbatinan,mkny yg berbicara akn kmbali 500thn itu sebnrnya senjatanya

      Hapus
  20. Yang bikin kebanyakan nonton mama loren

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah elu tonton tuh ceramah sampe doer,, meletus gunung merapi sebagai awal, trus lumpur lapindo, gempa dasyat, banjir bandang, tsunami aceh, semuanya menghancurkan kalian sedikit demi sedikit,, itu bukan merupakan cobaan lagi, tapi sudah bentuk hukuman untuk manusia.. nkri bagian timur masih aman-aman wae.. saya di bali, kami bersinergi dgn alam dan saling menghargai.. namun sayang sekali oknun kalian melakukan pengeboman,, sungguh biadab, kalian sudah dikutuk dari sononya, jangan dianggap remeh

      Hapus
  21. Yang bikin kebanyakan nonton mama loren

    BalasHapus
  22. yang jadi prtnyaan kenapa pas runtuhnya majapahit banyak lontar dibakar,bangunan suci hindu dirubah jadi masjid,dan banyak pula diratakan dengan tanah...padahal majapahit sangat welcome kpd agama bangsa pendatang ini...saya yakin semua sdh direncanakan,,dan bnyak jga lontar yg dibawa oleh org asing krn lontar itu berisi pngetahuan yg lngkap tentang pengobatan,perang, dan masih bnyak lgi...setelah itu lnyap masyarakat gampang dbodohi...hhmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Majapahit bukan demak yg meruntuhkan.
      Yg bikin cerita cuma ngarang

      Hapus
    2. Naskah darmogandul dngn tema Sabdo palon. Yg mengisahkan raden patah menyerang majapahit yg notabene ayahnya.
      Pada dasarnya belum ada bukti bukti konkret tentang kebenaran penyerangan dalam catatan yg di tulis darmogandul.yg menyebabkan runtuhnya majapahit di tahun 1478.

      Padahal ada argumen lain,sebagaimana di sebut dlm kitap pararaton bahwa pada tahun" tersebut _ yaitu pada tahun 1478- kerajaan majapahit justru di serang oleh samarawijaya dan tiga saudara saudaranya,karena menganggap raja yg berkuasa di majapahit, yaitu raja" dyah Suraprahawa,tidak berhak atas tahta. Dyah Suraprahawa merupakan adik bungsu raja Sebelumnya, yaitu Rajasawardhana.

      Yg lebih mengenaskan
      Peralihan antara kerajaan majapahit menuju kerajaan demak di hubung hubungkan sebagai perang antar agama. Hindu budha dan islam.
      Fakta yg jelas berlebihan.
      Sebab, sebagaimana kerajaan" di tanah jawa di era Sebelumnya,persoalan agama bukan pemantik konflik.
      Keruntuhan majapahit tk berkaitan dngn demak dengan alasan agama.
      Majapahit runtuh di sebabkan konflik berkepanjangan di kalangan pemimpin internal sendiri.
      Dengan kata lain..
      Tak di serang demakpun kerajaan majapahit akan runtuh sendiri karena sudah kronis dlm konflik internal yg tak berkesudahan

      Hapus
    3. Majapahit di hancurkan oleh Mataram. Mataram menjadi "penguasa" Nusantara. Dibantu siapakah Mataram menjadi penguasa Nusantara? :)

      Hapus
  23. Memang betul sekali, KEBENARAN sedang bangkit untuk menghancurkan Kebatilan yang juga sedang merajalela.
    Sang PEMBAWA Kebenaran menyampaikan Kebenaran dengan caranya sendiri.

    BalasHapus
  24. Belajarlah dari yg terdahulu.. resapi yg positif buang yg negatif.. peace

    BalasHapus
  25. Salam kenal semuanya, perspektif sejarah mendekatkan kita pada jatindiri bangsa, perspektif kekinian yang berkiblat pada budaya asing mengaburkan jati diri, mari dalami dan pelajari huruf jawa dan bali dan beberpa kekayaan nusantara yang sengaja di lenyapkan dan dikaburkan demi persepktif kebenaran masa kini yang entah datang dari mana, orang di pusatnya daka kering kerontang, barbar, pembantaian tanpa berperikemanusiaan, coba anda tonton bagai mana luhurnya sastra dan filosofi mahabarata, rama yana, dan sekarang yang lagi ngetren asoka, mahaputra dan surya putra karna, itulah persepktif budaya masa lalu yang adi luhung yang sesungguhnya sangst dekat dengan karakter bangsa kita, hidup nusantara

    BalasHapus
  26. kebenarannya itu akan di uji oleh WAKTU

    BalasHapus
  27. Tgl bln tahun a kpn. 500th. Dr kpn lbh detail donk. Jgn sampe kaya ma2 loren. Berani buat argumen. Suda berjln berapa tahun. Skrng da 2016. Biar ta tagih org yg buat n percaya. Berni jawab hebat.

    BalasHapus
  28. Tgl bln tahun a kpn. 500th. Dr kpn lbh detail donk. Jgn sampe kaya ma2 loren. Berani buat argumen. Suda berjln berapa tahun. Skrng da 2016. Biar ta tagih org yg buat n percaya. Berni jawab hebat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 500 thn dari tahun islam... itu artiny uda dekat sekali...
      Merapi kan uda mulai aksiny.

      Hapus
    2. Krakatau beraksi lebih dhsyat dari merapi.
      Apa darmogandul lupa tentang krakatau.
      Atau memang darmogandul gk tau kalau ada momok yg di sebut krakatau

      Hapus
  29. saat ini.. beliau Sabdo Palon, berada gak jauh dari pusat pemerintahan negeri ini.. selalu mengingatkan dan mengingatkan Bapak Presiden yang sedang mulai memimpin gerakan "kembali kepada jati diri, inti budaya negeri ini, PANCASILA... paralel, beliau juga membimbing orang2 di luar pemerintahan untuk melakukan hal yang sama... gerakan kembali kepada Inti Budaya Nusantara ini akan semakin dan semakin besar.. kelompok2 anti Pancasila, anti Bhineka Tunggal Ika akan lari tunggang langgang tercerai berai... 101: SATU UNTUK SEMUA - SEMUA UNTUK SATU... MERDEKA!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. SabdoPalon dan NoyoGenggong itu nama jabatan penasehat raja di pemerintahan SriRatu Tribuanatunggadewi sampai pemerintahan prabu Hadiwijaya.
      Pada masa pemerintahan prabu sangRamawijaya Sampai pemerintahan Sri Jayanegara nama jabatan penasehatnya yaitu sapu jagat dan sapu angin.
      Semua hanyalah nama jabatan penasehat raja.
      Meskipun berganti orang nama penasehat itu tetap SabdoPalon dan NoyoGenggong.
      Kalau anda ingin tau SabdoPalon dan NoyoGenggong itu ada.
      Anda cari penasehat presiden..
      Merekalah si SabdoPalon dan NoyoGenggong itu

      Hapus
  30. Telah terbukti bahwa kita blom siap jadi bangsa yg berkiblat pada demokrasi...mari kita balik kanan sambut dan jalankan PANCASILA DAN UNDANG UNDANG DASAR 45 "TANPA AMANDEMEN"DAN SEJARAH PASTI AKAN BERULANG,WALAUPUN BEDA SUASANA...kembali ke jati diri sebagai bangsa yang menghormati sejarah nya...kembali kepada nusantara...

    BalasHapus
  31. Mari kembali ke jati diri bangsa berdasarkan pancasila. Bhineka tunggal ika... Dan ingat di tahun tahun sebelumnya kejadian apa yang tidak terjadi di indonesia ini, dari ramalan gunung merapi meletus sampai air yg menyeret ribuan orang di aceh dan penyakit yang datang dari hewan, inggat flu brung yang pernah terjadi serta serangan tomcat Yang pernah ada, saat ini di 2017 begal beraksi pada siang hari, serta para pejabat yang salah di anggap benar sedangkan yang benar di anggap salah, sejarah memang sudah di tutupi, tapi karma akan tetap berjalan sesuai dengan waktunya kutukan sabda palon sudah berjalan dan apa yang akan terjadi setelah ini kita tidak akan pernah tahu, jadi mulailah kembali ke jati diri bangsa... Bhineka tunggal ika.

    BalasHapus
  32. Klau dipikir2 memmang terjadi kenyataan .di jawa,orang orang jawa sudah banyak yglupa dengan bahasa hawa.
    Pancasila perlahan lahan diganti dengan aturan agama
    Sikap moral tenggang rasa tepo sliro kerukunan antar umat sudah tidak berlaku lagi.
    Korupsi kekerasan pembunuhan sudah meraja lela.
    Trus kepiye klo sudah begini.???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke kampung
      Malah orang kampung susah ngomong pakai bahasa Indonesia walaupun ngerti kalau ada orang mengucapkan.

      Hapus
  33. Semoga diriku beruntung bisa melihat semua nya...
    Karna sebagian besar uda terbukti.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Sapdone gusti allah SWT do ra d lakoni . Malah mikir sapdo ra jlas .... njirrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener iku kang.
      Sabdo palon sing nulis crito mbah darmogandul.

      Hapus
  36. Sabdone wong padang pasir akeh sing ngawur. Katenye bulan pernah kebelah padahal setelah diteliti nasa ora. Belum lagi ada sabdo yg bunyinya gini. Bagi siape nyang main catur same aje dengan orang mencuci tangannya dengan daging dan darah babi

    BalasHapus
  37. Kita Besar dan ada karena sebuah perjalanan sejarah leluhur, kalau mereka tidak ada emang kita ada? Indonesia kaya akan budaya dari sabang sampai merauke, Sebelum digerus budaya Asing Agama apapun yang dipeluk kerukunan satu sama lain tercipta. semakin ke sini semakin banyak yang lupa bahwa kita memiliki leluhur kita memiliki perjalan sejarah, makanya Ideologi Pancasila di negeri ini tidak main-main. per bait maknanya sangat dalam. kalau sampai lupa terhadap itu semua berarti sama saja durhaka dengan orang tua, yang melahirkan dan membesarkan kita. Sabda palon naya genggong memiliki pengertian tersendiri dari masing masing pribadi, intinya adalah kita lahir dan besar di lingkungan yang memiliki adat istiadat dan budaya, jangan sampai meninggalkan hal tersebut. karena Bukan budaya asing yang membuat kita terkenal tapi kekayaan negeri, adat istiadat dan keragaman Indonesia yang dikenal oleh warga negara lain. Di luar prasasti sejarah, ataupun benda sejarah sangat di rawat dan dilindungi untuk pengetahuan anak cucu mereka kelak. sedangkan di indonesia prasasti ataupun jejak sejarah banyak yang hilang tidak dirawat dan bahkan dihancurkan. ini membuktikan bahwa yang bermasalah bukan ajaran agamanya tetapi bagaimana sebagai pribadi mendapatkan ilmu agama tersebut dan mengamalkannya.

    Semoga Semua Mahkluk berbahagia... :)

    BalasHapus
  38. Sejarah adalah guru terbaik untuk menata perilaku manusia

    BalasHapus
  39. Teguh ing paningal Rineksa dening hyang murbeng jagat,, ra usah nyalah2no, ngko nek wes titi wancine tumeko lagi podo eroh sejatine piye, nek wong jowo ayo di gawe elmu pangeleng-eleng e ra sah di gugu omongane poro asura, ayo pdho guyub memuji dening sang hyang guru jagad, di uri2 makna sejatine wong jawa, lelakon ingkang suci supoyo saged ddi pujangga, ela elo wong jowo kari separo, cino londo kari sak jodo

    BalasHapus

  40. "apeparap pangeraning prang
    tan pokro anggoning nyandhang
    ning iya bisa nyembadani ruwet rentenging wong sakpirang-pirang
    sing padha nyembah reca ndhaplang,
    cina eling seh seh kalih pinaringan sabda hiya gidrang-gidrang"
    Berjuluk pangeran perang
    Berpakaian seadanya tapi bisa menyempurnakan lagi kristen menjadi kristen yang sempurna
    orang-orang buddhist sadar inilah yang jutaan tahun kelak akan lahirlagi sebagai Metteya Buddha
    Dari sikap takut menjadi berbondong-bondong menunggu perintah perang ratu adil

    "tumurune tirta brajamusti pisah kaya ngundhuh
    hiya siji iki kang bisa paring pituduh
    marang jarwane jangka kalaningsun"
    Air brajamusti mengalir kemana-mana ditubuhnya
    beginilah jika saya mengutus orang menjalankan ramalan saya

    "pendhak Sura nguntapa kumara
    kang wus katon nembus dosane
    kadhepake ngarsaning sang kuasa
    isih timur kaceluk wong tuwa
    paringane Gatotkaca sayuta"
    tiba suro habis semua dosanya
    masih muda tapi seperti sudah tua
    hartanya banyak sekali

    "nglurug tanpa bala
    yen menang tan ngasorake liyan
    hiya iku momongane kaki Sabdopalon
    sing wis adu wirang nanging kondhang"
    Menyerang orang ramai sendirian saja
    Saat menang tidak merendahkan musuhnya
    Itulah asuhannya Semar
    yang sudah diterpa masalah tapi akhirnya terkenal

    ___________________________________________

    "Ratu adil iku kanjeng Nabi Isa putrane betara indra kang pembayun,
    jumeneng ratu pinandhita tunjung putih semune pundak semungsang, kasbut
    sultan herucakra. Akedaton ing tengah-tengahing bumi mataram,
    kadherekake Sabda Palon lan Naya Genggong." ("Ratu adil itu Nabi
    Isa, bernama satria pinandhita satria piningit, berjuluk sultan
    herucakra, putranya Yahweh/Odin/Zeus/Indra paling sulung. Tinggal di
    yogyakarta saat ini, didampingi Semar dan Narada. 'Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: 'Semua malaikat Yahweh harus menyembah Dia.' - Ibr 1:6 Injil") - Jayabaya

    Kelahirankembali Wild Bill Hickock, Jesus (Caesarion/Ptolemy XV), Leonardo da Vinci, Solomon, Karna, Parikshit, Kian Santang, Damarwulan.

    BalasHapus
  41. Asu Asu Malah jadi ngaco semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. zeng sabar yo jeng paulla... jo ngomong saru. wkwk... pancen koclok ki ageng siji kui. wkwkwk....

      Hapus
  42. Sebenarnya sabdo palon itu adalah senjata brawijaya,dn saat terakhir itulah senjatanya pergi,dn berjanji dtang lagi 500thn itu artinya bakal ada orang yang dibentengi oleh rohnya senjata itu,dn klo maslh agama ya apapun boleh tetapi kita hrs sadar kita org timur yg sdh punya budaya menjujung tinggi sopan santun jd apapun agamanya jgn melupakan itu,karna kebenaran hy Allah swt yg tau,jd hrs menghormati apapun agama,suku,kulit,yg jelas kita satu,indonesia

    BalasHapus
  43. he he hee. sabdo palon itu bisa jadi adalah nilai nilai budaya bangsa kita, ia tertanam pada diri tiap warga sebagai sifat bathin, murni tidak berubah seperti sebelum agama Hindu Dan buda Dan islam datang ke bumi jawa.

    BalasHapus
  44. Yasalam hai orang awas coba arahkan pendirian mu di daerah pancoran jakarta selatan??

    BalasHapus
  45. Sunan kali
    Sang prabu
    Sabdo palon.
    Bagiku itu kisah kearifan mengalahkan keegoisan yg di sertai sumpah serapah

    BalasHapus
  46. Majapahit mula mula berdiri dari sang Rama wijaya dan Sri Jaya negara di prasasti manapun nama Sabdo palon dan noyo genggong tidak ada.
    Yang ada ki sapu angin dan sapu jagat
    Tapi nama itu julukan seorang penasehat.
    Sejak Ratu Tribuanatunggadewi.
    Istilah Sabdo palon dan noyo genggong ada.
    Nama itu jg hanyalah sebutan seorang penasehat. Sampai ke pemerintahan prabu brawijaya.

    Seorang penasehat tidak akan berpisah dari rajanya.

    Serat Sabdo palon yg nulis mbah Darmogandhul. Dlm masa mataram islam.

    Mungkin mbah Darmogandhul lg stres dengan perkembangan Islam. Dan bikin Serat itu dengan mencocoklogikan dengan Serat mbah rojo joyoboyo

    BalasHapus
  47. Tanpa sejarah kita tidak akan terbentuk maka hormatilah sejarah jawa " percoyo oleh ra percoyo ojo maido "

    BalasHapus
  48. Tanpa sejarah kita tidak akan terbentuk maka hormatilah sejarah jawa " percoyo oleh ra percoyo ojo maido "

    BalasHapus
  49. Sabda Palon dan Naya Genggong sdh turun di tanah bumi pertiwi, semua watak dan ciri2nya benar2 melekat di diri mereka, yg satu jago politik dan pemerintahan, yg satu bener2 lurus,pemberani, keras, dan suka bersihin yg nggak bener, ngga dipungkiri lagi mereka sedang memegang tampuk pimpinan NKRI, Gusti Allah mboten sare.......

    BalasHapus
  50. Sabdo palon naya genggong
    Sabdo = Kata
    Palon = Pengunci
    Naya = Pandangan
    Genggong = langgeng (tak berubah)
    "Perkataan yg mnjadi kunci (pengunci) pandangan kehidupan yang langgeng (tak akn berubah)"

    Rahayu

    BalasHapus
  51. Odo upres karepe dewe...angger diwoco.
    Ora usah gumon.

    BalasHapus
  52. Pada bamyak bacot luh saling menjellek-jelekkan agama orang lain.... Nyari duit aja masih pada susah.!!!....AYO SANA CARI UANG BUAT MAKAN KELUARGAMU...JGN BANYAK SOK BENAR SENDIRI...!!!

    BalasHapus
  53. ORANG MELARAT KOK BICARANYA SEPERTI BEGAWAN ....!!! CUIH TAK TAHU KAJI DIRI...EMAS BATANGAN SEKILOPUN KALIAN TAK PUNYA...

    BalasHapus
  54. BHAAA...HAAA...HAAAA......

    BalasHapus
  55. Kenapa Risau dan Mempertentangkan SabdoPalon fan NoyoGenggong... Atau apapun istilahnya...

    Saudaraku semua...di seluruh alam...
    Kalo kita ini berdiskusi dengan landasan hakekatnya sebagai makhluk yang tentunya mengemban tanggung jawab akan terwujudnya Harmoni antar sesama dengan alam dengan Yang Maha Tunggal.

    Sebenarnya yang tergambar dalam serat itu kan sangat Jelas ... Perlambang manusia yang dilahirkan dari bertemunya dua Unsur yang dipersatukan Sabdo Palon...bertemu dengan Noyo Genggong..MAKA terwujudlah manusia yang Suci..Luhur...Jujur...Sempurna secara zhohir maupun bathiniahnya...

    ALAM...Manusia...CAHAYA di ATAS CAHAYA.. merupakan Harmoni Yang Mutlak Harus diwujudkan dalam implementasi pada manusia itu sendiri.

    Kenapa disandikan dengan 500 atau 503 tahun peradaban akan dikembalikan dari carut marut dan semrawutnya manusia sebgai kholifah d jagad yang telah "Gagal"....!!
    5 : unsur Air, Unsur Api, Unsur Angin/Udara, Unsur Tanah/Bumi dan Unsur Utama/Manusia.
    0 : Hakekat Kembali pada titik AWAL (zero) sebagai kodrat manusia yang baru dilahirkan yang Suci..Luhur...Jujur..dst.
    3 : Sinergi Positif dan Sinkronisasi dari ALAM*MANUSIA*TUHAN(melalui KITAB.NYA).

    Nah kalo Manusia sebagai kholifah telah "Gagal" maka alam akan bergerak agar sinkron untuk mencapai Harmoni keseimbangan... bentuk reaksi alam sangat jelas...sangat jelas...se X lagi SANGAT JELAS... Hanya manusia nya mampu memaknai tanda tanda itu...
    Sangat Panjang saudaraku...hal yang saya haturkan pada saudaraku melalui post comment baru kulit arinya...

    Pesan saya bilamana saudaraku berkenan menggunakannya.. tapi kalopun tidak saya tidak rugi dalam hal apapun.

    Tempatkan dan Siapkan Fikiran & Hati pada zona ZERO...agar kita mudah dan dimudahkan dalam menerima pesan baik secara eksplisit maupun implisit..

    DiJagad ini semua Rasional tidak ada yang Irasional...
    Salam keselamatan atas "semua hal" yang saudaraku jalankan..

    JAKA LELANA...alias
    AsWIn (Asli Wong Indonesia)
    Manunggal Kawula GusTi
    (Meleburnya Manusia dengan baGUSing aTI..).

    BalasHapus
  56. Jawa hanya sebuah sebuah pulau kecil dari deretan pulau pulau di bumi,jawa hanya sebuah 1/100000- ~ dari sebuah di jagat raya.Daerah daerah yg selain jawa pun mengalami kisah sejarah yg banyak kemiripin dengan kisah di jawa,dari teologis,mitologi,legenda, evolusi.Semua daerah tidak akan lepas peradapan dan perubahan,seiring berjalan waktu semua berubah,semua meluruh.Dan semua daerah (tak terkecuali pulau Jawa) sedang menyongsong takdirnya sendiri sendiri,hingga di penghujung waktu semua daerah,semua pulau,semua planet,semua tata surya,semua galaksi akan SIRNA.Marilah wahai sesama manusia!di waktu yg masih ada ini kita bersama sama saling bantu menjaga bumi sebagai tempat yg aman,nyaman menentramkan semua golongan manusia dan makluk hidup yg lain,hindari dari berbuat kerusakan atau perusakan,bersosial politik yg baik,saling bertoleransi terhadap keyakinan yg berbeda dan mari kita ciptakan suasana yg menyenangkan dalam masa masa menunggu kita ini, yaitu menunggu kiamat kecil( kematian )kita masing masing juga menunggu kiamat besar kita bersama sama.


    Sekian terima kasih
    : mohon maaf yg setulus tulus nya bila ada kata kata yg tidak berkenan .

    BalasHapus
  57. Yahh kita tunggu waktunya saja

    BalasHapus
  58. Ngapain orang2 mikir kiamat emangnya bisa menundha yang penting hidup didunia penuhi persyaratannya:
    1. tidak korupsi
    2. Tidak manipulasi data
    3. Menyembah Tuhannya masing2
    4. Tidak membunuh dengan alasan apapun
    5. Tidak membohongi orang lain
    6. Tidak merasa sok suci
    7. Merasa kafir dimata sesama tetapi melaksanakan ajaran Tuhan

    BalasHapus
  59. Ternyata sumber yang otentik itu penting, umtuk membedakan mana yang meyakinkan mana yang hanya kayalan ato karangan. Tanpa sumber yang otentik Masing2 orang akan ber argumen sesuai kepentingannya sendiri

    BalasHapus
  60. Bagi saya...semesta itu punya rahasianya sendiri...yg akan terbuka bila sudah saat nya...

    BalasHapus

Terima kasih anda sudah berkunjung ke Blog pencerahan ini, Semoga bermanfaat untuk kita semua. Silahkan berkomentar atau meninggalkan link teman-teman dengan santun peseduluran.

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Pencari Hakikat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger